Pulau Berhala, Surgawi di Sumatera Utara

Ingin sekali kembali ke pulau ini, pulau terluar Indonesia di Selat Malaka. Entah kapan bisa kembali kesana lagi, yang bisa kulakukan sekarang hanya mengenang saat itu sambil memandangi fotonya. Karena harga sewa kapal yang tidak murah, pergi kesana harusnya dengan se-kelompok teman agar bisa patungan. Seingatku waktu pergi kesana tahun lalu, harga sewa kapal yang kami naiki dari Kuala Tanjung mencapai 2juta rupiah.

Kami menginap di Mess TNI-AL yang memang di fasilitasi oleh Negara di pulau itu. Para personil TNI-AL itu menjaga pulau terluar itu agar tidak direbut oleh negara tetangga, karena bila sampai Negara kehilangan pulau tersebut tentu saja merugi hilangnya batas wilayah kelautan Negara kita.

Fasilitas di pulau Berhala cukup memadai, ada pembangkit listrik tenaga angin. Sehingga kami bisa memasak nasi dengan magic jar dan nonton tv. Mungkin kendalanya hanya kurang banyak air bersih seperti pulau-pulau lain tentunya. Disarankan membawa galon air mineral untuk minum ya.

Lokasi pulau Berhala secara administratif terletak di kecamatan Tanjung Beringin, kabupaten Serdang Bedagai (sergei). Kami mencapainya dari arah selatan, ada pelabuhan kecil tempat penduduk yang bermata-pencaharian sebagai nelayan, merapat di Kuala Tanjung.  Normalnya waktu tempuh sekitar 2jam ke Pulau Berhala, namun karena pasang-surutnya ombak saat itu, kami harus menunggu agar kapal bisa berlayar, akhirnya dirasa memakan waktu sekitar 3jam an. Cukup melelahkan mengingat perjalanan kami dari kota Medan-Kuala Tanjung juga menghabiskan waktu 3jam perjalanan. Alternatif lain sebenarnya bisa ditempuh dari arah Barat, yaitu pelabuhan Belawan yang dimana lebih dekat dari Medan, walaupun katanya waktu tempuh berlayar lebih lama sekitar 4jam normalnya. Tapi saat itu kami tidak menemukan contact person sewa kapal dari Belawan, jadi ya begitu deh ceritanya. Mungkin kalau ada yang tahu info sewa kapal dari Belawan, bisa kasih tau? :-) :-)

Apa saja yang kami lakukan disana saat itu? snorkling, alatnya pinjam gratis dari para personil TNI itu, baik-baik loh mereka, ketika kami mau bakar ayam mereka juga membantu menyalakan apinya. Lalu kami menaiki menara mercusuar, dari sini bisa menikmati pemandangan ke seluruh penjuru, tapi lumayan capek secara harus menaiki 700an anak tangga, yang saya iseng banget ngitungin nya. :D Melihat penangkaran penyu disana juga menarik, memancing atau jalan-jalan keliling pulau dengan kapal. Kebetulan kapal kami tidak meninggalkan kami begitu saja disana, tapi juga menunggu kami sampai pulang keesokan harinya.
Oh iya pulau Berhala yang kumaksud ini berbeda dengan pulau Berhala yang ada di kabupaten Tanjung Jabung, Jambi. CMIIW sepertinya ada dua pulau Berhala.

Singkat cerita hanya ini foto yang tersisa untuk mengingat cantiknya Pulau Berhala sebagai salah satu Pulau Terluar Negara Indonesia;






About these ads

4 comments on “Pulau Berhala, Surgawi di Sumatera Utara”

  1. Wow.. pengalaman yang seru nampaknya..

  2. Mas, bisa minta nomor hp nelayan dan anggota tninya? Oiya, apakah kita harus buat permohonan ijin memasuki pulau berhala? Thx


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: